MENU

Scan BH (Barcode Hadiah)

Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya akan berbagi tentang inovasi pembelajaran saya yang bernama scan BH (Barcode Hadiah).

Alat dan Bahan

Pertama-tama kita siapkan semua bahan yang dibutuhkan:

Materi belajar, biasanya saya menulis materi belajar siswa di di buku catatan digital menggunakan OneNote Classnotebook. Mengapa harus buku catatan digital karena metode pembelajaran ini sangat nyaman digunakan di luar ruangan sehingga lebih praktis menggunakan buku catatan digital.

Membuat barcode.

Membuat barcode ini sangat mudah sekali karena kita tidak perlu menginstal aplikasi apapun di laptop maupun handphone kita. Kita hanya perlu klik disini, ketik perintahnya lalu klik Create QR, lihat gambar berikut:

Sesudah barcode-nya jadi kita tinggal simpan lalu dicopy paste di Microsoft Word untuk dicetak.

Barcode Scanner

Kita juga perlu mempersiapkan barcode Scanner di handphone siswa kita. Pada beberapa handphone seperti Xiaomi, scanner sudah ada secara built-in. Akan tetapi untuk merek lain yang belum ada kita bisa membantu siswa untuk mendownload aplikasi barcode scanner di Play Store dengan keyword QR & Barcode Scanner.

System Reward and Punishment

Untuk lebih memotivasi siswa karena ini sistemnya adalah kompetisi maka kita perlu mempersiapkan sistem pemberian reward untuk yang berhasil mengerjakan tantangan dan punishment jika mereka gagal.

Saya biasa menggunakan points. Setiap hal bagus akan mendapatkan tambahan poin dan setiap pelanggaran akan mendapat pengurangan poin.

Sistem poin ini sangat efektif karena bisa memacu siswa untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya yang bisa ditukar dengan nilai kelak.

Mari Kita Mulai

Pertama-tama saya membagi kelas menjadi dua kelompok besar dengan cara berhitung 1 & 2. Siswa yang mendapat kelompok nomor 1 berkumpul dengan nomor 1, demikian pula yang nomor dua.

Sesudah kelompok terbentuk saya memberi kesempatan siswa untuk belajar materi yang sudah saya siapkan di buku catatan digital mereka tadi. Saya katakan bahwa ketika barcode discan akan ada tantangan atau pertanyaan seputar materi yang sudah disiapkan. Ini akan membuat siswa saya belajar bersungguh-sungguh demi mendapat tambahan poin yang mereka butuhkan.

Memulai Scan BH (Barcode Hadiah)

Saya akan meminta siswa membentuk lingkaran jadi akan terbentuk dua lingkaran besar kelompok 1 dan kelompok 2. 

Sesudah kelompok terbentuk saya akan meminta siswa untuk berhitung secara berurutan searah jarum jam.

Permainan akan dimulai dari level 2, yang artinya ketika posisi siswa berada di kelipatan 2 dia harus menyebut nama teman di sebelah kiri (perintah ini bisa dimodifikasi misal dengan bilang hore, yes, Tepuk Dua kali atau hal-hal lain).

Ketika ada siswa yang gagal, misal dia tidak menyebut nama teman ketika berada di posisi kelipatan 2 maka siswa tersebut akan mendapat satu barcode untuk di scan.

Perintah atau tantangan yang diberikan oleh barcode tersebut harus dilakukan kalau tidak dia akan mendapat pengurangan poin. Siswa lain dalam satu kelompok berhak untuk memberikan pertanyaan atau komentar mengenai penjelasan siswa yang yang mendapat tantangan tersebut. Ketika memberikan pertanyaan berbobot atau komentar yang menarik, siswa tersebut akan mendapatkan tambahan poin.

Sistem pembelajaran ini akan makin menarik karena levelnya bisa ditambah. Level 3 berarti siswa yang mendapat posisi kelipatan 3 harus melakukan sesuatu, demikian seterusnya.

Apa Keuntungan Metode Ini?

Menarik

Jelas pembelajaran di kelas akan lebih menarik. Siswa juga tidak mengantuk atau bersikap apatis terhadap materi. Tanpa kita suruh siswa akan secara otomatis berusaha memahami materi mengenai suatu pokok bahasan.

Menyenangkan

Ketika menggunakan sistem pembelajaran ini sebuah pembelajaran akan menjadi sangat menyenangkan. Akan terdapat banyak tawa, sorakan, atau tepuk tangan tanpa kita suruh. Guru pun bisa tertawa lepas siswa di kelas dan melupakan sejenak setiap beban yang menghimpit di kehidupan.

___________

Demikian inovasi pembelajaran yang saya buat. Semoga ini bisa memberi inspirasi untuk selalu berinovasi menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan buat siswa kita.

 

    Salam inovasi,

KOMENTAR