MENU

Hack the Classroom Indonesia 2017

Microsoft #hacktheclassroomID2017 adalah event tahunan yang mengumpulkan semua guru hacker se-Indonesia. Guru hacker ini tentunya bukan untuk mengambil alih sebuah situs ya tetapi hacker disini maksudnya adalah guru inovatif yang mencari cara unik untuk setiap permasalahan yang ada di kelas serta mencari solusi yang paling tepat untuk diterapkan di kelas.

Microsoft Hack the Classroom Indonesia tahun 2017 diselenggarakan di 5 provinsi, yaitu: Jawa Tengah di Solo Raya, Jawa Timur di Sidoarjo, Sidrap, Padang Panjang dan DKI Jakarta.

Dalam event kali ini saya mendapat kepercayaan untuk menjadi fasilitator di Solo Raya yang berlokasi di kantor BP2MK. Peserta kegiatan di Solo Raya yang mendaftar 160 orang dan yang hadir waktu itu 135 orang. 135 guru hacker berkumpul untuk mencari solusi inovatif dalam setiap permasalahan yang ada di kelas.

Bapak Dr. Jasman, M.Pd selaku ketua bp2mk solo raya memantau langsung persiapan dan membantu panitia kegiatan dengan infrastruktur yang diperlukan. Beliau bahkan menyempatkan diri untuk ikut berkoordinasi dengan microsof Indonesia melalui teknologi video conference Skype for business.

Kegiatan Hack the classroom Indonesia diselenggarakan menggunakan format Talk Show dan learning Challenge. Di dalam Talk Show peserta dari Solo terkoneksi langsung dengan narasumber yang ada di Jakarta yang berlokasi di kantor Microsoft Indonesia. Talk Show menggunakan teknologi video conference yang menggunakan Skype for business, produk ampuh dari Microsoft in Education yang memungkinkan guru untuk menciptakan kelas tanpa batas ruang dan waktu. 

Skypefor business ini merupakan aplikasi elit yang bisa digunakan menggunakan akun Office 365. Jadi Skype for business berbeda dengan Skype biasa dengan penambahan berbagai fitur canggih yang berguna untuk guru. Sekedar mengingatkan bagi yang belum memakai Office 365 boleh kontak saya untuk mendapatkan informasi bagaimana caranya sekolah atau institusi pendidikan memperoleh Office 365 ini secara gratis.

Peserta kegiatan Hack the classroom Indonesia sangat antusias sekali mengikuti learning Challenge. Di dalam kelompok masing-masing mereka berusaha mencari masalah yang ada di kelas lalu mencari solusi inovatif untuk mengatasi masalah tersebut dan mempresentasikan solusi inovatif mereka kepada Microsoft innovative educator expert selaku juri yang nantinya akan memilih satu kelompok terbaik yang bisa menyajikan solusi paling inovatif.

Miee Microsoft Hacktheclassroom

KOMENTAR