MENU

Pengajaran Abad 21: Menggunakan One Note Class Notebook

Halo semua,

Sesudah kita mengerti keampuhan One Note melalui artikel sebelumnya yang bisa dibaca disini, sekarang saya akan mengenalkan satu senjata lagi yang super ampuh untuk digunakan oleh teacher jaman now..

Perkenalkan OneNote ClassNoteBook

OneNote ClassNoteBook adalah buku catatan digital yang memungkinkan seorang guru untuk lebih mengenal karakter siswa secara individu.

Buku tugas yang menumpuk di meja kerja adalah gambaran guru di abad ke 18. Bayangkan di masa suram itu seorang guru harus membawa sekian banyak tugas dari siswa, kertas berserakan, meja kecil kita hampir tidak ada tempat untuk meletakkan makanan..

Tragis bukan?

Tapi itu dulu. Lain dulu lain sekarang. Abad 21 membawa angin segar yang meggairahkan guru karena ada berbagai hal menarik untuk memudahkan tugas seorang guru. Sekarang guru dimanjakan dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh keajaiban masa kini. Satu kemudahan yang sangat membantu kita dalam memberikan catatan atau mengoreksi buku tugas ke siswa tercinta adalah OneNote Classnotebook dari Office 365.

Penasaran kan? Udah gak sabar pengen jadi Guru Hits Abad 21?

Coba cermati gambar dibawah ini, ini merupakan tampilan Classnotebook yang saya bicarakan tadi. Ada 3 hal utama di Classnotebook: Collaboration Space, Content Library, Students Space.

Collaboration Spaces

Tab ini dapat diakses oleh semua siswa dan guru yang diberi izin ke notebook. Siswa dan guru dapat membuat halaman baru, berkomentar dan mengubah halaman yang ada, dan yang paling asyik adalah bekerja sama. Tab ini merupakan tempat untuk berbagi ide atau brainstorming.

Content Library

Tab ini dapat diakses oleh semua siswa dan guru juga. Content Library dapat dilihat sebagai "buku digital guru" dimana siswa dapat mengakses lembar kerja dan bahan belajar. Semua orang dapat melihat Content Library, namun hanya guru yang dapat menambahkan, menghapus, atau mengubah konten. Siswa dapat menyalin tugas dan aset ke ruang pribadi (Students Space) mereka sendiri.

Students Space

Di sisi kiri, guru dapat melihat ruang kerja masing-masing siswa, yang berisi tab yang dibuat saat penyiapan Classnotebook. Siswa hanya dapat melihat ruang kerja mereka sendiri, sementara guru memiliki akses ke ruang kerja setiap siswa. Ruang kerja ini memberi siswa kebebasan untuk bekerja dan menjadi produktif dengan cara yang paling sesuai untuk mereka, sekaligus memberi para guru kemampuan untuk langsung melihat, menilai, dan mengomentari tugas.

 

Bagaimana caranya membuat ClassNoteBook?

Tunggu tulisan saya selanjutnya yah.. :D

 

KOMENTAR