MENU

Pengajaran Abad 21: Menggunakan One Note Class Notebook (part 2)

Haloo educators hits,

Menyambung tulisan saya disini, tentang apa itu Classnotebook, tulisan saya berikutnya ini adalah tentang bagaimana sih caranya mulai menggunakan Classnotebook di kelas kita?

Sebelum mulai mari kita ucapkan dulu 'selamat tinggal' pada buku catatan dan buku tugas siswa yang menumpuk bikin sesak meja kerja kita dan ucapkan 'selamat datang' untuk Buku Catatan dan Buku Tugas Digital yang selalu ada dalam genggaman kita.

Apa yang dibutuhkan?

Office 365 Education

Apaa..?? Masih belum punya? xixixi.. :D

Saya sudah sering bilang lho, Office 365 Education disediakan GRATIS untuk siswa, guru dan dosen. Baiklah, jika bapak ibu guru hits ingin mencoba perfoma Office 365 boleh deh request 1 akun, japri yaah..

Tapi, untuk bisa menggunakan Classnotebook, siswa juga harus mempunyai. Oleh karena itu alangkah baiknya jika sekolah atau institusi pendidikan lain juga mulai integrasi Office 365 dan meminta validasi sebagai institusi education. Bayar berapa untuk ini? Gratiiss.. Berapa lama gratisnya? Selama yang kita inginkan. Beneran?? Yaa ampuun, iyaa.. iyaaa!!

Laptop, Tablet atau Smartphone

Classnotebook ini multi devices, multi platform. Maksudnya adalah dibuka atau diakses menggunakan device apa pun bisa, baik itu laptop, tablet atau smartphone baik itu Android atau Iphone. Apakah diperlukan internet untuk menggunakan Classnotebook? Jawabannya adalah iya dan tidak. Lho? piye maksudnya??

Begini, ketika classnotebook sudah dibuat, guru atau siswa bisa menambahkan catatan secara offline, kemudian ketika mereka menemukan sumber koneksi entah itu wifi atau mereka aktifin koneksi data, aplikasi tersebut akan otomatis sinkronisasi ke cloud. Menarik bukan? Bangeet..!!

Mari Kita Mulai

Membuka OneNote Classnotebook

1. Sign in ke Office 365 di portal.office.com

2. Klik Class Notebook

Membuat Kelas

1. Klik Create a Classnotebook

2. Tulis nama kelas kita, misal X IPS 2, lalu klik next.

(optional) Tambahkan Guru Untuk Membantu

Di bagian ini kta diberi pilihan apakah class notebook ini memerlukan guru lain atau tidak.

Tambahkan Siswa ke Class Notebook

Kita dapat menambahkan siswa ke notebook kelas kita dengan menambahkannya secara manual, dengan copas daftar siswa di notepad atau dengan menambahkan nama grup.

1. Untuk menambahkan siswa secara manual, cukup ketik nama mereka di kotak teks dan kemudian tekan Enter. Saat Anda mengetik, aplikasi akan mencari kemungkinan kecocokan. Misalnya, Anda bisa mengetikkan "sofie" dan akan menemukan siswa yang cocok dengan nama itu.

2. Untuk menambahkan grup caranya juga sama, tinggal ketik saja Grup yang dikehendaki.

3. Untuk menggunakan daftar siswa di notepad ketik (atau copy) daftar nama siswa.

Setting Jenis Catatan Apa Saja yang Dibutuhkan

Kita bisa menambahkan berbagai macam jenis buku yang diinginkan, entah itu buku catatan, buku tugas, atau yang lain.

 

Review Class Notebook yang Kita Buat

1. Review hasil Class Notebook, klik teacher's notebook dan students' notebook. Jika sudah sesuai klik create.

2. Klik link tersebut untuk membuka class notebook di OneNote. Begitu class notebook siap, email hyperlink akan terkirim ke semua siswa secara otomatis. Simpanlah salinan link ini untuk catatan Anda.

 

 

KOMENTAR