MENU

Tips Ampuh Mencegah Hilangnya File Penting

Kita semua pasti sudah mengerti bahwa kehilangan file penting yang disimpan di laptop atau HP itu sangat menyakitkan. Apalagi jika hal tersebut merupakan hasil kerja kita bertahun-tahun dan kita membutuhkan usaha yang besar dan lama untuk membuat file tersebut, misal tugas kantor, laporan keuangan, skripsi, ada berbagai macam hal penting yang lain.

Biasanya hal-hal sepele yang menyebabkan kita kehilangan file-file penting tersebut, entah itu virus, hardisk yang rusak atau bahkan yang paling parah laptop kita hilang atau rusak. Tentunya hal tersebut akan membuat kita menangis semalam, merenungi nasib dan gundah gulana sepanjang masa. 

Nah di postingan saya kali ini saya akan berbagi tips bagaimana mencegah berita kehilangan file-file penting yang sangat bermakna buat kehidupan kita. Jadi misal laptop kita terkena virus, hardisknya rusak atau hilang data kita bisa diselamatkan. 

Ibarat kata kita sedia payung sebelum hujan, kita serahkan keamanan data kita pada ahlinya. Dialah yang akan menyimpan semua file kita dan menjaganya sampai selamanya. 

Siapa sih dia?

Dia adalah OneDrive for business!

Onedrive for business adalah satu aplikasi persembahan Office 365 yang sangat handal untuk menyimpan data. Dengan kapasitas 5 Tera byte semua isi hardisk kita bisa diamankan oleh dia. Yang luar biasa adalah kita tidak perlu secara manual mengupload semua file-file kita. Dengan fitur auto sinkronisasinya semua file, folder dan berbagai macam file lain bisa dengan otomatis tersimpan di Cloud ketika laptop kita terkoneksi dengan jaringan internet. Ketika laptop kita tidak terkoneksi dengan internet data kita tersimpan di hardisk, begitu mendapat koneksi isi harddisk kita akan otomatis tersimpan di cloud.

Jadi ketika ada masalah dengan harddisk kita tinggal gant harddisk baru, memasukkan kembali onedrive for business ke laptop dan data kita kembali ke laptop. Seru kan?

Lalu bagaimana caranya?

Pertama kita install one drive for business dan masukkan akun Office 365 kita download disini. Perlu sy ingatkan bahwa Office 365 for Education ini gratis untuk guru dan sekolah yaa.. Jika masih belum punya juga japri saya untuk mendapatkan satu akun gratis.

Lalu kita klik sign in.

Lokasi Drive baru kita bisa dipindah ke harddisk kapasitas yang besar dengan cara klik change location.

Kita tentukan folder mana saja yang mau dibuat auto sinkronisasi. Mau dibuat semua ya bisa, tergantung kebutuhan.

Langkah terakhir adalah kita mengcopy pastekan folder yang kita inginkan ke One Drive. Semua yang kita copy ke One Drive ini akan secara otomatis diupload ke Cloud di Office 365, lihat gambar di bawah ini :

Semua file yang kita copy ke OneDrive akan terupload ke Cloud yang kita bisa lihat langsung ke portal.office.com di menu One Drive for Business.

 

Onedrive Office 365 Microsoft

KOMENTAR