MENU

Mari Dukung Gerakan Literasi dengan Voice Typing (Metode Menemu Baling)

Sahabat baik saya Bapak Mampuono beberapa  waktu yang lalu menemukan sebuah metode yang dikenal dengan nama menemu baling.  Menemu baling adalah menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga,  sebuah metode yang sangat memudahkan seseorang untuk membuat tulisan karena tidak perlu repot untuk mengetik semua kata-katanya.  Satu tulisan bisa dikerjakan dengan sangat cepat dengan metode ini. Jadi dengan metode ini kita memaksimalkan penggunaan Smartphone untuk mendukung gerakan literasi. Metode menemu baling ini dikemas dalam sebuah aplikasi Android yang apik yang bisa di download disini.

Metode menemu baling ini sangat powerfull jika digunakan di smartphone.  akan tetapi kita semua tahu dan mengerti bahwa penggunaan smartphone itu sangat terbatas untuk menulis atau mengedit dan beberapa dari teman-teman yang sudah menggunakan metode menemu baling ini berpikir bagaimana jika kitabisa menggunakan metode menemu baling ini di komputer berbasis Windows kita dan menggunakan Microsoft Office. Tentunya hal ini akan sangat menarik.

Di postingan saya kali ini saya akan mencoba memberi trik bagaimana kita bisa menemu baling menulis menggunakan mulut di laptop kita yang berbasis Windows.

Apa yang kita butuhkan?

Smartphone Android

Aplikasi Menemu Baling karya Bapak Mampuono

Koneksi wifi yang sama antara smartphone dan laptop.

Unified Remote App

Bagaimana Caranya ?

1. Baca dan pahami metode menemu baling disini.

Metode ini ditemukan oleh Bapak Mampuono, Sekjen IGI periode 2016-2021 dan mulai disebarluaskan sejak bulan september 2016 pada saat diselenggarakan training of trainers (TOT) Gerakan Literasi Produktif Berbasis IT oleh IGI di LPMP Surabaya.

2. Install Unified Remote di Android

 

3. Install Unified Server di laptop

Langkah selanjutnya adalah kita menginstal  unified server di laptop kita. Aplikasi ini bisa kita download di sini.

4. Buka Aplikasi Unified Remote dan Koneksikan ke Laptop

Menghubungkan android dengan komputer melalui Wi-Fi sangat mudah. Instal saja aplikasi Unified Remote di perangkat android dan Unified Server di PC Anda. Mulai server di komputer dan aplikasi di android. Saat terhubung, pilih Basic input> keyboard dan test keyboard android yang mengetik dari jarak jauh di PC.

 

5. Mulai Mengetik dengan Mulut (voice typing)

Buka aplikasi Unified Remote di Android, buka Basic Control dan pilih keyboard. Buka Microsoft Word atau aplikasi Office yang lain lalu ketuk ikon suara di pojok atas Google Keyboard dan mulailah mengetik menggunakan mulut.

Demikian lah cara menggunakan metode menemu baling di komputer berbasis Windows.

Jika ada hal yang ditanyakan silakan japri saya. Salam literasi!

KOMENTAR