MENU

Microsoft Teams, Cara Baru Berkomunikasi di Era Digital

Di era digital saat ini ada banyak cara berkomunikasi, kita sebut saja ada WhatsApp, Line atau BlackBerry Messenger. Yang saya Sebutkan itu adalah 3 besar yang menguasai aplikasi chatting di Indonesia saat ini, dengan 3 pengguna segmen yang berbeda.

WhatsApp biasanya lebih banyak dipakai oleh golongan yang lebih senior, mereka menganggap WhatsApp lebih gampang digunakan karena tidak perlu menghafal user dan password. Hanya dengan menggunakan nomor handphone mereka sudah bisa memanfaatkan aplikasi chatting tersebut. LINE lebih banyak digunakan oleh kaum yang lebih muda, siswa dan beberapa remaja. BlackBerry Messenger lebih banyak digunakan untuk yang aktif berjualan di media sosial. Masing-masing punya segmen pasar yang berbeda-beda.

Jika kita seorang guru kira-kira aplikasi manakah yang paling cocok untuk kita gunakan untuk menunjang keperluan kita? Aplikasi untuk berkomunikasi dengan siswa di kelasnya yang lengkap dengan kemampuan mengumpulkan tugas, chatting, video conference, dan semua file yang dikirim siswa akan langsung masuk ke cloud.

Ada kabar gembira bahwa baru-baru ini Microsoft mengeluarkan 1 aplikasi di dalam keluarga Microsoft Office 365 yang disebut Microsoft Teams. Microsoft teams adalah satu aplikasi yang memungkinkan seorang guru untuk membuat kelas online berbasis chatting.

Kelas online yang dipunyai oleh Microsoft Teams mungkin akan terasa berbeda dibanding kelas online produk yang lain. Kekuatan dari Microsoft teams adalah kemudahan dalam berkomunikasi semudah kita chatting dengan menggunakan WhatsApp atau Line.

Microsoft teams bahkan memungkinkan seorang guru untuk streaming online dan bervideo conference dengan guru inovatif seluruh dunia melalui jaringan Microsoft in Education. Semua fitur canggih dari Skype for business dibenamkan dalam Microsoft teams. Ini menjadi sangat menarik karena guru bisa menghadirkan narasumber dari berbagai belahan dunia hanya dengan menggunakan Microsoft teams di dalam jaringan Microsoft in Education.

Microsoft teams tentunya dilengkapi dengan fitur assignment atau penugasan online. Seperti kelas online yang lain penugasan ini bisa diatur batas waktunya dan diberi skor. Semua file yang dikirim siswa tidak akan memberatkan handphone atau tablet gurunya karena semua file tersebut akan tersimpan di Cloud Office 365. Guru tidak perlu kuatir penyimpanan online tersebut akan habis karena ketika menggunakan Microsoft teams guru tersebut akan mendapatkan penyimpanan online sebesar 5 TB atau 5000 GB melalui onedrive for business dari Office 365.

 Berikut adalah video perkenalan yang diupload oleh Microsoft:

KOMENTAR