MENU

Cortana, Asisten Digital yang Lebih Manusiawi

Semua tentu sudah mengenal Cortana, asisten digital yang terdapat di Windows 10. Kehadiran Cortana di Windows 10 sangat membantu penggunanya dalam banyak hal ketika menggunakan komputer. Cara kita berkomunikasi dengan Cortana pun terbilang menarik karena selain mengetik kita bisa berbicara dengan Cortana dan memerintah dia untuk melakukan segala sesuatu, misalnya berkirim email, memantau berita terbaru, atau berbagai hal menarik lainnya.

Karena laptop kita menggunakan Windows tentu akan sangat menarik sekali apabila smartphone atau tablet Android kita mempunyai asisten digital sekelas Cortana. Nampaknya hal ini sangat mungkin terjadi di tahun 2018 karena selain Siri di Iphone, Google Assistant di Android, Cortana yang dulunya hanya ada di Windows Phone sekarang bisa di-instal di Android phone. Google Assistant di Android phone bisa digantikan oleh Cortana dengan cara menginstal aplikasi tersebut di Google Play Store. Sekedar catatan untuk Indonesia belum bisa menginstal Cortana dengan cara mendownload langsung dari Google Play Store. Kita bisa mengubah region menjadi United States menggunakan VPN lalu kembali ke Google Play Store dan mendownload Cortana, atau cara yang lebih mudah adalah kita install file apk disini.

Lalu apa kelebihan Cortana?

Cortana lebih manusiawi

Asisten digital product Microsoft ini sangat terasa lebih manusia dibandingkan assistant yang lain, mulai dari nada suara, intonasi dan bahkan dia bisa bernyanyi dengan suara yang indah. Ketika Cortana kita hubungkan dengan berbagai macam hal yang kita butuhkan, email personal, email kantor, sosial media, kalender, kontak dan berbagai macam aplikasi yang lain, dia akan mempelajari semua hal dan memberi kita saran, reminder, berbagai macam informasi dari kebiasaan-kebiasaan berbagai macam hal seputar kehidupan kita. 

Cortana ini terhubung dengan Microsoft Account. Jika kita menggunakan akun yang sama di Android phone dan laptop maka Cortana bisa mempelajari kebiasaan-kebiasaan kita baik ketika kita sedang bekerja menggunakan komputer atau ketika kita sedang menggunakan handphone.

Bagi yang suka olahraga, Cortana akan sangat membantu sekali untuk memprediksi pertandingan. ketika pada tahun 2014 pada ajang Piala Dunia di Brazil, Cortana berhasil memprediksi dua pertandingan besar dengan benar. Cortana berhasil menebak dengan cara membandingkan kekuatan ketua tim tersebut, cuaca di lokasi pertandingan, skor menang, daftar pemain dan berbagai hal lain untuk pertimbangan.

Terhubung dengan laptop

Ketika handphone kita bisa terhubung dengan laptop hanya dengan satu akun Microsoft, itu merupakan langkah yang sangat besar yang memudahkan pekerjaan kita. Kita bisa atur reminder, meeting, to do list, browsing history dimanapun baik di laptop atau di handphone. Bahkan Cortana bisa menelusuri file yang ada di OneDrive for Business.

Pengingat yang setia

Bagi yang pelupa seperti saya, mempunyai Cortana di handphone sebagai asisten digital sangat membantu sekali. Misal ketika kita atur untuk mengingatkan istri saya tentang rencana liburan akhir pekan, maka Ketika saya mengirim SMS atau menelepon istri, akan muncul pop up berisi reminder tentang liburan akhir pekan. Hal ini berlaku juga untuk mengingat tanggal-tanggal penting yang seharusnya tidak boleh lupa sebab kalau lupa bisa berakibat fatal.

Simak video berikut:

Memang Cortana belum tersedia secara resmi di Indonesia, tapi bagi penyuka teknologi Microsoft tersedia jutaan cara untuk menghadirkan Cortana di Android phone kita.

Pakai Cortana yuk!

KOMENTAR