MENU

Sway, Digital Storytelling Tool dari Microsoft, Presentasi Menjadi Lebih Mudah dan Menarik

Baru menggunakan Microsoft Sway? Artikel ini menyediakan gambaran umum tentang betapa mudahnya membuat dan berbagi apa pun dengan kanvas Sway yang penuh warna dan interaktif. Pelajari cara membuat dan meninjau Sway pertama Anda, cara menambahkan dan menyematkan konten, serta cara berbagi kreasi Anda dengan orang lain.

Apa itu Sway?

Video pengenalan Sway - klik gambar untuk memutar

Video: Menggunakan Sway untuk membayangkan bagaimana ide Anda terwujud

 

Sway merupakan aplikasi baru dari Microsoft Office yang memudahkan untuk membuat dan berbagi laporan interaktif, kisah pribadi, presentasi, dan banyak lagi.

Mulai dengan menambahkan teks dan gambar Anda sendiri, mencari dan mengimpor konten relevan dari sumber lain, lalu perhatikan Sway menyelesaikannya. Dengan Sway, Anda tidak lagi dibatasi untuk memilih templat siap pakai yang menjadikan presentasi tampak seperti presentasi orang lain, juga tidak harus memiliki kemampuan desain untuk mengubah dan menonjolkan informasi dengan cara yang modern, interaktif, dan menarik.

Dengan Sway, tak perlu menghabiskan banyak waktu pada pemformatan. Mesin desain bawaan menangani pembuatan kreasi Anda menjadi yang terbaik. Jika desain awal tidak sesuai dengan selera atau suasana hati, Anda dapat dengan mudah menerapkan desain lain, atau sepenuhnya mengustomisasi tata letak untuk membuatnya sendiri.

Sangat mudah untuk berbagi Sway Anda yang sudah selesai. Keluarga, teman, teman sekelas, dan rekan kerja dapat melihat kreasi Anda di Web tanpa perlu mendaftar, masuk, atau mengunduh apa pun. Dan Anda dapat mengubah pengaturan privasi untuk semua Sway setiap kali menginginkan kontrol lebih untuk hal yang dibagikan.

Sway gratis digunakan oleh siapa saja dengan Akun Microsoft (Hotmail, Live, atau Outlook.com). Anda dapat membuat Sway yang lebih canggih dengan konten lainnya ketika menggunakan Sway sebagai bagian dari langganan Office 365.

 

Apa yang dapat saya buat dengan Sway?

Baik laporan, presentasi, buletin, kisah pribadi, album foto, maupun laporan perjalanan visual, hampir tidak ada batas pada apa yang dapat Anda ekspresikan secara kreatif dengan Sway.

Laporan

Presentasi

Buletin

Cerita

             Laporan

         Presentasi

          Buletin

              Kisah


Jika Anda tidak yakin tentang apa yang dapat dilakukan, dapatkan inspirasi dengan menampilkan dan berinteraksi dengan Sway yang dibuat oleh orang lain. Setelah masuk ke Sway (lihat di bawah ini), gulir menurun ke bagian bawah halaman Sway Saya, lalu telusuri konten unggulan di bawah judul “Terinspirasi dengan Sway unggulan.” Anda juga dapat memilih salah satu templat unggulan untuk mulai menggunakan dan mempelajari Sway.

 

Masuk untuk mulai membuat

Untuk mulai menggunakan Sway, kunjungi www.sway.com di browser apa pun lalu klik Masuk di bilah menu teratas.

Tombol Masuk di toolbar

 

Saat diminta, masukkan alamat email yang ingin Anda gunakan dengan Sway. Anda dapat menggunakan Akun Microsoft gratis (Hotmail, Outlook.com) atau akun organisasi apa pun yang diberikan oleh kantor atau sekolah. Jika Anda belum memiliki akun, kunjungi www.microsoft.com/account untuk mendaftar secara gratis.

Di halaman Sway Saya yang terbuka setelah Anda masuk, klik atau ketuk Buat Baru untuk mulai membuat Sway pertama Anda.

 

Tombol Buat Baru di halaman Sway Saya

 

Mengenal Alur Cerita Sway

Alur Cerita adalah tempat untuk mengetik, menyisipkan, mengedit, dan memformat konten yang menceritakan kisah Anda. Konten disusun dalam susunan berurutan dengan menambahkan apa yang disebut "Kartu," masing-masing berisi tipe konten yang Anda inginkan, seperti teks, gambar, video, dan bahkan dokumen Office. Urutan kartu dapat disusun ulang kapan saja untuk menyesuaikan kebutuhan Anda.

 

Panel tugas Kartu dan Alur Cerita Sway

 

Memberi judul Sway Anda

Klik placeholder Beri judul Sway yang ditampilkan di kartu pertama dalam Alur Cerita, lalu ketikkan deskripsi singkat yang bermakna mengenai Sway Anda. Saat nantinya Anda berbagi Sway yang telah selesai, judul ini akan menjadi hal pertama yang dilihat orang lain.

 

Perintah Judul di Alur Cerita Sway

 

Menambahkan gambar dan teks ke Sway Anda

Untuk menambahkan konten dasar ke Sway, seperti teks dan gambar, klik atau ketuk ikon <+> di sudut kiri bawah kartu apa pun yang ada, lalu pilih tipe konten yang ingin Anda tambahkan. Untuk melihat semua opsi yang tersedia, klik Kartu di bilah menu teratas. Jika lebih menyukainya, Anda juga dapat menyeret dan menjatuhkan teks dan gambar langsung ke Alur Cerita. (Jangan ragu untuk bereksperimen. Anda dapat mengubah urutan konten kapan saja dan mengustomisasi setiap kartu seperti yang diinginkan.)

 

Menambahkan gambar dan teks ke Alur Cerita

 

Menambahkan konten ke Sway Anda

Anda dapat mencari dan menambahkan konten tambahan dengan mudah ke Sway, seperti gambar yang disimpan di komputer atau perangkat seluler. Sway juga dapat mencari di Web untuk konten paling relevan, seperti video, lalu menambahkannya ke Sway. Di bilah menu teratas, klik Sisipkan, pilih sumber konten yang Anda sukai dari menu, kemudian masukkan kata kunci atau frasa pencarian apa pun dalam kotak Cari sumber.

 

Menyisipkan menu dan kotak pencarian konten

 

Pratinjau Sway Anda

Anda dapat melakukan pratinjau pekerjaan yang sedang berlangsung kapan saja dengan mengklik panah yang menghadap kiri di samping panel Pratinjau di dekat sudut kanan atas. Ketika mempratinjau Sway, Anda dapat melihat bagaimana tampilan akan terlihat untuk orang lain ketika Anda nantinya memutuskan membagikan dokumen tersebut. Untuk mendapatkan pengalaman lengkap Sway (termasuk opsi interaktivitas yang telah Anda tambahkan dalam menu Tata Letak), klik tombol Putar di bilah menu teratas.

 

Klik panah yang menghadap ke kiri untuk mempratinjau Sway saat ini, atau klik panah yang menghadap ke kanan untuk menampilkan Alur Cerita

 

Untuk kembali ke Alur Cerita setelah selesai melakukan pratinjau Sway, klik panah yang menghadap kanan di dekat kiri atas.

 

Mengubah desain dan tata letak Sway Anda

Sway memungkinkan Anda fokus pada apa yang sedang dicoba untuk disampaikan dengan menangani pemformatan, desain, dan tata letak konten Anda. Anda dapat menggunakan desain default saran Sway, memilih dan menerapkan desain sendiri, bahkan mengustomisasi tata letak.

Untuk memilih desain Sway, klik Desain di bilah menu teratas, kemudian pilih tema yang Anda inginkan. Guna memilih tampilan dan nuansa acak untuk Sway kapan saja, klik tombol Remix! di bilah menu teratas hingga menemukan desain yang sesuai dengan selera Anda. Anda juga dapat menyesuaikan bagian tertentu dari tema yang saat ini diterapkan, seperti warna, pilihan font, dan penekanan animasi dengan mengklik tombol Kustomisasi di panel Desain.

 

Opsi Desain dan Tata Letak di Sway

 

Jika ingin mengontrol bagaimana orang lain akan melihat dan menavigasikan Sway Anda setelah dibagikan, klik tombol Tata Letak di bilah menu teratas lalu klik apakah konten bergulir secara vertikal, horizontal, atau tampak seperti presentasi.

 

Membagikan Sway Anda

Siap untuk berbagi Sway dengan dunia, atau mungkin hanya dengan orang-orang tertentu? Klik tombol Berbagi di bilah menu teratas kemudian pilih cara yang Anda inginkan untuk berbagi Sway. Pilihan Anda di menu ini tergantung pada tipe akun yang digunakan untuk masuk ke Sway.

 

Opsi Berbagi di Sway

 

Gunakan Sway di mana saja

Sway berfungsi di semua browser seluler, apa pun platformnya. Baik Anda melakukan perjalanan wisata, mendokumentasikan riset untuk sekolah, maupun berpartisipasi dalam konferensi bisnis penting, Sway hanya sejauh satu ketukan.

  • Sway.com
    Kunjungi www.sway.com di browser seluler apa pun, di semua platform atau perangkat.

  • Sway untuk iOS
    Temukan aplikasi Sway gratis untuk iPhone atau iPad Apple Anda di App Store.

  • Sway untuk Windows 10
    Temukan aplikasi Sway gratis untuk perangkat Windows 10 Anda di Bursa Windows.

 

Temukan Fitur Aksesibilitas di Sway

Browser yang digunakan untuk menulis dan menampilkan Sway menentukan fitur Aksesibilitas yang tersedia. Untuk hasil terbaik, kami menyarankan Internet Explorer, Firefox, atau Safari.

Anda dapat menggunakan Sway dalam mode kontras tinggi dengan fungsi keyboard penuh dan akses pembaca layar ke konten. Klik Opsi Selengkapnya ( ... ) di bilah menu teratas, lalu klik atau ketuk Tampilan Aksesibilitas. Untuk keluar dari tampilan Aksesibilitas, gunakan lagi perintah yang sama.

 

Sumber:

https://support.office.com/id-id/article/Memulai-Menggunakan-Sway-2076C468-63F4-4A89-AE5F-424796714A8A

Berita Pengumuman Sekilas-info

KOMENTAR